Mentis
Healthy Mind, Happy Life
Login
Product sudah berhasil ditambah ke cart.

»

#1 of 1 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Apa itu demensia ?

Demensia adalah suatu gangguan fungsi berpikir / kognitif, akibat dari suatu proses penuaan (degeneratif) otak. Demensia biasanya mengenai orang yang berumur diatas 60 tahun. Demensia merupakan suatu keadaan yang ireversibel, dalam arti tidak dapat dikembalikan seperti semula, namun dapat dicegah agar tidak semakin bertambah parah.

Ketika klien dengan demensia diantar ke psikiater, maka psikiater akan melakukan tes kognitif untuk memeriksa fungsi berpikir klien. Hal yang dinilai antara lain memori / daya ingat, kemampuan berbahasa, berhitung, mengambil keputusan, mengenali orang-waktu- dan tempat, kemampuan visuospatial, atensi konsentrasi, memahami persamaan dan perbedaan, memahami instruksi.

Terdapat berbagai jenis demensia. Antara lain demensia vaskuler, demensia parkinson, demensia alzheimer, dan juga demensia lewy bodies. Demensia vaskuler sering terjadi pada orang dengan riwayat hipertensi atau stroke. Demensia vaskuler sering terjadi secara mendadak setelah seseorang terkena stroke. Sedangkan demensia alzheimer sering terjadi secara perlahan-lahan dan tidak ada riwayat penyakit tertentu sebelumnya.  Demensia parkinson terjadi pada orang yang memiliki gangguan parkinson, dengan gejala berupa tubuh kaku, jalan seperti robot, tremor.

Search
Search:
Others
Product Scroller
Others
Others

© 2014 www.mentis.co.id


Toko Online