Mentis
Healthy Mind, Happy Life
Login
Product sudah berhasil ditambah ke cart.

»

#1 of 5 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Apa Itu Bipolar ?

Gangguan bipolar adalah suatu gangguan suasana perasaan / mood. Bipolar diambil dari bahasa latin  'bi' yang berarti dua, dan 'polar' yang berarti kutub. Sehingga kata bipolar mencerminkan mood seseorang yang seperti memiliki dua kutub. Kutub yang pertama adalah manik, dan kutub yang kedua adalah depresi. Ada kalanya ia gembira berlebihan, dan ada kalanya sedih berlebihan. Orang awam sering menyebut orang bipolar dengan sebutan 'moody' atau 'emosi tak stabil'.

Ketika seseorang dalam keadaan manik maka ia memiliki ciri-ciri berupa terlihat gembira, mood euforia, bicara cepat dan berganti-ganti topik, mudah tersinggung, mudah curiga dan marah,  gairah seks meningkat, sulit tidur, melakukan banyak aktivitas, dan memiliki banyak ide. Seringkali ketika dalam keadaan manik, seseorang menjadi suka berdandan dan memakai pakaian yang mencolok. Ia memiliki banyak ide yang berlari dalam pikirannya, merasa dirinya hebat ( ide grandiose). Kadang ia terlibat dalam aktivitas yang beresiko seperti berganti-ganti pasangan seks, menggunakan narkoba, atau marah yang berlebihan hingga melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

Sebaliknya ketika ia dalam keadaan depresi ia menjadi orang yang sedih, malas melakukan aktivitas, merasa bosan, tidak berguna, merasa bersalah. Seringkali juga disertai dengan gejala gangguan tidur (sulit tidur atau tidur berlebihan), gangguan makan (nafsu makan menurun atau meningkat), gangguan seks. Akibat serotonin yang menurun, pasien mungkin mengeluh nyeri di tubuh, seringkali berupa keluhan sakit kepala atau mual. Bila parah, maka ia mungkin berpikir untuk melakukan bunuh diri.

Seringkali orang dengan gangguan bipolar memiliki riwayat depresi masa kanak akibat bullying, child abuse, sexual abuse, broken home, dan sebagainya. Ia berusaha terlihat tegar di luar, meski sebenarnya rapuh di dalam. Ia berusaha terlihat bahagia, meski sebenarnya hatinya teriris.

Search
Search:
Others
Product Scroller
Others
Others

© 2014 www.mentis.co.id


Toko Online